Menjual berbagai jenis burung kicauan diantaranya Murai Batu, Cucak, Kacer, Jalak, Kenari, Cendet, Pleci, Perkutut, Love Bird dan berbagai jenis burung eksotis indonesia lainnya

Kamis, 13 Juli 2017

Jenis-jenis Burung Cucak

Burung yang termasuk kedalam jenis cucak-cucakan (Suku pycnonotidea) ini penyebarannya luas meliputi Asia dan Afrika. Ciri ciri khusus dari burung cucak-cucakan adalah : memiliki sayap yang pendek, ekor agak panjang, paruh yang ramping, bulu yang halus dan lembut dan pada beberapa jenis tertentu memiliki jambul yang tegak berdiri. Perbedaan kelamin dari jenis burung ini bisa dikatakan sangat tipis sehingga jantan maupun betina dari burung ini sangat mirip satu sama lainnya.

 Makanan utama dari burung jenis ini adalah buah-buahan serta serangga, dan juga burung ini mempunyai sifat yang sangat percaya diri dengan gaya dan kicauannya yang sangat ramai sera berirama pada beberapa jenis tertentu. Lebih menyukai hidup dipepohonan , sebagian bahkan hidup berkelompok dan membuat sarang berbentuk mangkuk yang tidak rapi. Suku pycnonotide ini terdiri dari cucak, merbah, empuloh dan brinji.
berikut ini adalah daftar burung yang termasuk dalam keluarga cucak-cucakan atau suku pycnonotide. 
 
1. CUCAK RAWA
Pycnonotus zeylanicus : straw-headed bulbul : barau-barau    
 
Berukuran besar ( 28 cm ), berkepala pucat dengan kumis hitam mencolok. Mahkota dan telinga jingga jerami, punggung cokelat zaitun dan bercoret putih. Sayap dan ekor cokelat kehijauan, dagu dan tenggorokan putih. Dada abu-abu bercoret putih, perut abu-abu, tungging kuning, Iris mata kemerahan, paruh hitam, kaki cokelat gelap.
 
Penyebaran Global
Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar.

Penyebaran Lokal dan Status
Di dataran rendah dan perbukitan Sumatera ( termasuk Nias ) dan Kalimantan, sekarang masih tersebar luas walaupun dulu lebih umum. Di jawa terbatas di bagian barat sampai ketinggian 800 m, tetapi sekarang sangat jarang. Digemari sebagai burung peliharaan karena pandai berkicau.

Kebiasaan
Mengunjungi hutan sekunder dan pinggiran hutan, sering tinggal di lahan basah yang penuh semak belukar. Dekat sungai atau rawa. Agak pemalu, tidak mencolok dan lebih tedengar suaranya dari pada terlihat bentuknya.
 
2. CUCAK SAKIT-TUBUH 
 Pycnonotus melanoleucos  : Black-and-White Bulbul
 
Entah darimana burung ini mendapatkan nama yg aneh kayak gitu yang jelas warna burung ini full hitam dengan semburat putih pada bagian sayap. 
Menyebar di Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Habitat aslinya di hutan tropis dan subtropis dan hutan di daerah daerah dataran tinggi atau pegunungan.

3. CUCAK KUNING
 Pycnonotus melanicterus :Black-crested Bulbul:Merbah Jambul Hitam 
 
 
4. CUCAK BERSISIK

Pycnonotus squamatus : Scaly-breasted Bulbul:Merbah Bersisik

5. CUCAK KELABU
 Pycnonotus cyaniventris :Grey-bellied Bulbul:Merbah Abu-abu


 6. CUCAK KUTILANG
Pycnonotus aurigaster: Sooty-headed Bulbu: Merbah Suti 


7. CUCAK GUNUNG
 
 Pycnonotus bimaculatus: Orange-spotted Bulbul
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Burung Populer

Daftar Pengunjung

Fata Muhammad Yahya. Diberdayakan oleh Blogger.